katakincess



Apa itu Toxo ?

Zoonosis merupakan penyakit yang tergolong unik karena dapat menyerang hewan dan manusia. Secara umum toksoplasmosis masih merupakan problem kesehatan masyarakat yang perlu diwaspadai.



Penyakit zoonosis yang disebabkan oleh infeksi T. gondii terkait erat dengan hewan kucing/Felidae sebagai inang definitif. Meski demikian, kenyataan resiko tertular langsung dari kucing sangat kecil. Pada umumnya manusia tertular T. gondii dengan cara lain seperti makan daging kurang matang atau mentah.


"Masyarakat tidak perlu takut memelihara atau menyayangi kucing asal dapat menjaga kesehatannya," kata Prof. Dr. drh. Sri Hartati, S.U, saat dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Balai Senat, Rabu (13/7/2011).

Judul pidato pengukuhan Hartati, "Toksoplasmosis Pada Kucing Dan Implikasinya Terhadap Kesehatan Masyarakat".

Menurut dia, zoonosis merupakan penyakit yang tergolong unik karena dapat menyerang hewan dan manusia. Oleh karena itu perlu ditingkatkan kerjasama antarpakar, baik di bidang kedokteran manusia maupun kedokteran hewan.

Secara khusus perlu pembelajaran edukasi tentang pencegahan infeksi T. gondii bagi wanita usia produktif, karena toksoplasmosis pada wanita hamil memiliki risiko sangat besar pada janin yang dikandungnya. Hal lain perlu memperhatikan pula perbedaan etnik dan kultur masyarakat untuk tindakan pencegahan.

Untuk itu, kata Hartati dibutuhkan penelitian sosial lebih lanjut berkenaan dengan kultur, tradisi dan kepercayaan (agama) terhadap penyebaran penyakit toksoplasmosis. Selain itu diperlukan pula peningkatan kepedulian masyarakat untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, serta rasa tanggungjawab untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan.

"Karena bagaimanapun semua itu merupakan salah satu cara yang efisien untuk mencegahnya. Harus ada langkah cepat, tepat dan kerjasama yang harmonis antar instansi terkait dan dukungan semua elemen masyarakat sangat diperlukan untuk pencegahan toksoplasmosis. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap toksoplasmosis," 



Penyebab
Penyakit ini bisa menular ke manusia akibat termakannya spora Toxoplasma gondii. Misalnya makan daging mentah yang mengandung telur (ookista) toksoplasma atau sayuran yang terkontaminasi telur ini. Parasit ini sendiri bisa berbiak di semua mamalia, seperti ternak atau hewan peliharaan (anjing, kucing dan burung). Sayangnya infeksi toksoplasma ini di sebagian besar kasus tidak menunjukkan gejala yang jelas. Oleh karenanya pemeriksaan laboratorium semacam TORCH sangat dianjurkan sebelum memulai kehamilan, atau minimal di saat awal kehamilan. Bila ditemukan hasil positif, harus dilakukan terapi sampai sembuh terlebih dahulu sebelum melanjutkan kehamilan
Mommy Hamil dan punya kucing ? Sapah Takut :p
Tidak bisa dipungkiri bahwa ada kekhawatiran diantara mommy mommy dan keluarga disaat hamil. rata rata mereka merasa tidak nyaman dan selalu was was
Ada studi kepada 1500 wanita hamil, ditemukan hampir tujuh dari sepuluh mereka punya kekhawatiran terhadap kehamilan mereka terganggu karena Toxoplasma, rasa was was ini yang kemudian berimbas kepada meong meong dirumah yang tadinya sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga.
Seorang Mommy Dokter Specialis sekaligus penulis buku "Dr Carol Cooper" tentang kesehatan memaparkan bahwa tidak perlu membuang atau mengungsikan kucing kesayangan anda selama kehamilan. tetapi pencegahan bisa dilakukan dengan tidak terlalu mengadakan kontak dengan mereka






Beberapa metode pencegahan yang dianjurkan, antara lain:

  • Memasak bahan makanan dengan benar. Pemanasan pada suhu 700C selama 15- 30 menit dapat mematikan oocyst
  • Mintalah seseorang untuk membersihkan bak pasir atau gunakan selalu sarung tangan
  • Pengasapan, pengasaman, pengasinan makanan tidak dapat mematikan kista
  • Lalapan sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan
  • Cuci tangan sebelum makan, setelah memberikan bak pasir dan setelah berinteraksi dengan si meong
  • Pemeliharaan kucing secara baik: buang/bakar kotoran sebelum kista mengalami sporulasi (sebelum 4 hari); bakar semua barang terkontaminasi kista
  • Hewan atau individu yang terlihat sakit sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan/dokter.



Note
  • Jika si meong terkena Toxo, silahkan hubungi vet terdekat agar meongnya dapat diterapi
  • Jika Mommy/daddy yang terkena Toxo, mungkin bisa cari info lebih lengkap di http://www.pengobatantorch.com agar segera diobati
  • Kotoran kucing berubah terinfeksi Toxo setelah lebih dari 4 hari jadi ga boleh jorok jorok yah mom, rajin rajin donk bersih bersih :p
  • Sebenarnya sebagian besar orang telah terinfeksi parasit toksoplasma ini. Namun sebagian besar diantaranya telah membentuk kekebalan tubuh sehingga tidak berkembang, dan parasit terbungkus dalam kista yang terbentuk dari kerak perkapuran (kalsifikasi). Sehingga wanita hamil yang telah memiliki lgM negatif dan lgG positif berarti telah memiliki kekebalan dan tidak perlu khawatir terinfeksi. Sebaliknya yang memiliki lgM dan lgG negatif harus melakukan pemeriksaan secara kontinyu setiap 3 bulan untuk mengetahui secara dini bila terjadi infeksi.






sumber:
http://health.detik.com "pungkas d"
http://keluargacemara.com
http://www.koranpdhi.com "Drh. Sri Murwani, M.P."
http://www.askamum.co.uk
http://lovemeow.com




























Categories:

Leave a Reply

www.facebook.com/katakucing